Bubuhan Pangaramput

Blogger Hindari CPC


Hargai Sesama Blogger


Bagi rekan Blogger-Blogger Pro sekalian, mungkin istilah CPC sudah tidak asing lagi di telinga, khususnya para pemilik blog-blog dengan orientasi program PPC atau Pay Per Click seperti Adsense, Adbrite, dll.


Dalam postingan kali ini Hafiz Ansyari si Blogger Kacangan tentu saja tidak akan membahas CPC seperti yang digambarkan di atas, sebab sebagai Blogger yang masih hijau di dunia perbloggingan tentu saja Hafiz Ansyari merasa TIDAK PANTAS membicarakan materi posting yang TERLALU BERAT seperti di atas.

Istilah CPC yang Hafiz gunakan pada judul postingan "Blogger Hindari CPC" ini lebih mengarah kepada pesan moral kepada rekan Blogger sekalian karena CPC yang Hafiz maksud di sini adalah Copy Paste Content BUKAN Cost Per Click yang sering digunakan Advertiser maupun Publisher Program-Program PPC seperti Adsense, Adbrite, dll

Pemilihan judul Blogger Hindari CPC ini sebenarnya muncul dari pembicaraan via YM antara Hafiz Ansyari dengan rekan Blogger yang kebetulan sudah cukup lama Hafiz kenal. Dalam pembicaraan itu sang pemilik Blog sedikit curhat tentang kejadian yang baru saja menimpa Blog-nya.

Berikut Kutipannya:
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
  • Hafiz : Hallo bro... pha kbr?
  • Blogger : Baek cm lg pening dikit sm kondisi blog
  • Hafiz : Emang Blog-mu knp bro?
  • Blogger : Isi blog gw diembat habis sm maling
  • Hafiz : wew... maksudnya? Blog-mu di banned ya?
  • Blogger : gak bro, isi blog gw di copas abis sama blogger lain tanpa permisi
  • Hafiz : waduh... parah tuh, masak sampe segitunya, apa gak salah?
  • Blogger : coba z loe liat neh alamatnya http://===sensored====.co.cc
  • Hafiz : ASLI bro ini seh hampir semua CPC (Copy Paste Content) Blog-mu
  • Blogger :mknya gw jadi pening+kesal banget sama tuh orang
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Itulah sekilas kutipan fenomena CPC yang melanda salah satu rekan Blogger nya si Blogger Kacangan (Hafiz Ansyari ; red) ini. Mungkin teman-teman lain juga pernah merasakan hal yang sama saat satu, dua, sebagian atau justru hampir semua isi blog kita di CPC kan sama Blogger lain tanpa permisi.

Perasaan marah, kesal, pening yang dialami rekan Blogger di atas tentu saja merupakan hal yang wajar apalagi jika kita terbayang betapa susahnya kita merangkaikan kata demi kata untuk menghasilkan sebuah postingan di blog kita.... Akay..... tiba-tiba aja Blogger lain yang dengan gampang dan seenaknya melakukan CPC di blog kita hanya demi mengejar traffic atau SEO di Blog-nya atau justru cuma iseng (kebetulan blog yang melakukan CPC dalam kasus ini jelas terlihat cuma ingin memenuhi "kuota" postingan di blog-nya *sucks*).

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan apabila kita memang terpaksa melakukan CPC di blog orang lain (bukannya ngajarin lho ya!...hehehe) ini beberapa tips ringan dari Hafiz terkait postingan berjudul Blogger Hindari CPC kali ini:

  1. Baca habis postingan pada blog yang ingin kita CPC kan, ambil intisarinya, sajikan dengan style atau gaya bahasa kita sendiri, usahakan jangan meniru 100% kontent orang lain
  2. Lakukan riset kecil terkait tema yang kita CPC kan sebab dunia perbloggingan merupakan sesuatu yang dinamis, blogger yang satu bisa memiliki pendapat berbeda dengan blogger lainnya. Jika kita bisa mengambil kesimpulan dari beberapa artikel terkait materi posting tersebut, maka tidak ada salahnya membuat sebuah review singkat tentang tema baru yang bersumber dari materi blog yang awalnya ingin kita CPC kan (untuk proses ini ada alat bantu yang sangat mujarab yakni Search Engine ---> posion keyword? saya tidak peduli!!!)
  3. Perhatikan Status YM, Kolom Shout atau Chatt Widget dari blog yang akan kita kutip, jika status menunjukkan sang pemilik Blog sedang Online maka tidak ada ruginya kita meminta ijin langsung dengan pemilik Blog, namun jika Owner Blog-nya sedang Offline kita bisa meminta ijin melalui pemanfaatan Kolom Shout, Chatt Widget, atau langsung pada kolom komentar (jangan lupa pantau tanggapan pemilik blog)
  4. Jika sudah diberi ijin dari pemilik Blog. Nah... baru kita "SELESAIKAN SECARA ADAT"
  5. Cantumkan Blog asal yang sudah kita CPC kan, bisa dengan menuliskan kata refferensi, sumber, baca sumbernya, disunting dari, dikutip dari, colongan dari, malingan dari, atau bahasa lain yang sreg di hati rekan blogger sekalian.
Catatan : Tips, Trik dan Cara ini hanya dilakukan jika kita benar-benar terpaksa melakukan CPC blog orang lain, sebaiknya postingan dituliskan sendiri aja dengan ide kita sendiri (lebih nikmat buat mencapai multiorgasme)

Ok... rekan blogger sekalian... itu dulu postingan sederhana dari Blogger Kacangan hari ini semoga bermanfaat.



Baca Juga :



7 Komentar:

manusia biasa mengatakan...

ckckckckckckckc.....

tragis amat bosssss..... ngopy kok ga bilang2...

kebetulan juga blog manusia biasa ada yang copy paste tapi itu buat bikin tugas terpaksa deh copy paste......

tapi kita gunakan link ke sumbernya kok......

wah.............
kalo manusia biasa sih kesel juga kalo ada yang copy paste ginian....

Fris mengatakan...

salut mas...
aku juga dulu sering melaku'in kopas dan sekarang tobat...aku nggak mau lagi...:-(....
aku nggak mau coba-coba lagi jadi copaser ....

jide_black mengatakan...

dasar CPU (copy paste uuyy..) tradisi yang begitu mlekat dgn ctrl+A ctrl+C ctrl+V terkadang jd tradisi yang membuat miskin kreatifitas...

klo skdar untuk link share info sich ga masalah, asal ngga 'memperkosa' postingan orang donk!!

Sandi Wijaya, ST mengatakan...

yg sabar aja kawan. dulu saya pernah coba triks mendisable klik kanan. biar gak bisa copas. tp tetap aja bisa di ctrl+C. ya tp lumayan lah buat ngurang-ngurangin yg copas. (he..he..)

Hafiz mengatakan...

@Fris : Thx... jgn sampe kecanduan aja :)

@Jide : Ctrl+C Ctrl+V emang penyakit orang miskin kreatifitas :D Eits... Miskin apa "Kaya" kreatifitas ya? Kreatif mencuri...wkwkwkwk

@Sandy : Disable klik-kanan menurut infonya juga punya efek samping Om. Makanya jarang digunakan sama blogger.

zero mengatakan...

sory, tambahan tips utk yg suka CPC,.. kl gak mau repot2 atau pusing2 nulis artikel, mending buat PHOTOBLOG aja, jd ga ada kejadian ky teman blogger di atas. kan kacian, cape2 mikir dan nulis postingan, malah diembat ama "MALING"! lgian, dgn photoblog, ga perlu nulis pjg lebar utk postingan, cukup update photo+tulisan seperlunya aja. ya kan?
gw setuju...HARGAI SESAMA BLOGGER!!! PIZ!

Ildaf94 [Fadli Sahrudin] mengatakan...

Mencuri adalah pekerjaan pengecut

Posting Komentar

Isi Komentar Anda Di Sini