Bubuhan Pangaramput

PSIKODIAGNOSTIK : SEBUAH CARA MENEGAKKAN DIAGNOSTIK KEPRIBADIAN

Pengertian Psikodiagnostik



Seputar Psikologi.
Melihat judul postingan seh "PSIKODIAGNOSTIK : SEBUAH CARA MENEGAKKAN DIAGNOSTIK KEPRIBADIAN" sebenarnya secara umum sudah dapat difahami apa pengertian dari Psikodiagnostik dalam ilmu Psikologi.

Ya... secara garis besar sesuai dengan pengetahuan yang pernah saya pelajari tentang Psikologi pengertian psikodiagnostik adalah suatu cara menegakkan diagnosa berdasarkan pemeriksaan yang berakhir menjadi suatu diagnosa kepribadian.

Berdasarkan sejarah perkembangan ilmu Psikologi, istilah Psikodiagnostik ini muncul pertama kali atau dipopulerkan oleh seorang tokoh Psikologi bernama Hermann Rorschach yang menampilkannya sebagai metoda Psychodiagnostic pada tahun 1921 (sekarang dikenal dunia Psikologi sebagai test Rorschach atau RO). Dulu istilah ini cenderung hanya digunakan menilai adanya kelainan-kelainan psikis pada seorang pasien mental, jadi lebih ke arah Psikologi Klinis.

Tapi jaman sekarang, seiring dengan perkembangan Ilmu Psikologi berikut seluruh aplikasinya yang semakin meluas maka Psikodiagnostik tidak hanya digunakan pada penerapan Psikologi yang bersifat klinis namun juga dapat diterapkan dalam pemeriksaan psikologis lainnya seperti dalam bidang kerja dan pendidikan.

Psikodiagnostik juga mempersyaratkan suatu media bantu melalui pengamatan atau observasi psikologis atas tingkah laku atau gerak-gerik individu. Media bantu psikologis yang dimaksud dalam Psikodiagnostik ini juga tidak hanya terbatas pada pengamatan namun juga meluas dengan apa yang dikenal sebagai tes atau psikotest di masa sekarang.

Istilah psikotest sendiri sebenarnya dinilai kurang tepat oleh sejumlah ahli Psikologi karena psikodiagnostik lebih menitikberatkan manusia sebagai obyek dan bukan berupa benda mati sehingga lebih tepat jika digunakan istilah teknik atau psikoteknik (ini seh cuma pandangan sejumlah ahli)

Istilah psikotest juga katanya akan lebih tepat jika diubah dengan istilah pemeriksaan psikologik, karena melalui pemeriksaan inilah diperoleh gambaran tentang diri seseorang yang berguan untuk menegakkan suatu diagnosa psikologis mengenai individu dimaksud. Nah... hal inilah yang dipelajari Ilmu Psikologi dalam lingkup Psikodiagnostik.

Terserah pembaca aja deh lebih senang menggunakan istilah yang mana, psikodiagnostik, psikotest atau pemeriksaan psikologis. Yang penting setelah membaca postingan ini moga aja bisa faham mengenai istilah di atas. Kalo boleh berasumsi seh kayaknya lebih familiar istilah psikotes ya? apalagi di dunia kerja... hehehe...

Itu dulu deh postingan hari ini Seputar Psikologi, semoga bermanfaat





Baca Juga :



1 Komentar:

herry_sp Al_Asyi mengatakan...

mantap tu gan

bleh sya copy yaa

:)

Poskan Komentar

Isi Komentar Anda Di Sini