Bubuhan Pangaramput

PENGERTIAN BERITA : DASAR JURNALISTIK

Pengertian Berita & Cara Mencari Berita

Bagi seorang reporter atau wartawan, khususnya media elektronik, baik radio maupun televisi dinilai perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan "berita" sebab tugas pokok dari seorang reporter atau wartawan adalah mencari berita, menulis atau menyusun berita kemudian mengirimkan ke media tempat wartawan atau reporter tersebut bekerja meskipun yang menentukan tayang atau tidaknya karya atau berita yang dibuat tersebut sepenuhnya merupakan kewenangan redaktur.

Dalam pengertian sederhana sebenanrnya berita dapat diartikan sebagai fakta atau informasi yang ditulis oleh reporter atau wartawan dan dimuat di media massa baik itu cetak (koran, tabloid, majalah) maupun elektronik (radio, televisi, on line)

Mencari Berita

Mencari berita (News Gathering) merupakan tugas penting seorang reporter atau wartawan. Kegiatan itu pada prinsipnya dapat dilaksanakan setiap waktu, tergantung dari kehendak atau waktu yang disediakan oleh wartawan itu sendiri.

Berita dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Berita juga dapat bermacam-macam karena itu untuk mendaptkan berita cara atau sistem yang digunakan reporter atau wartawan sebenanrnya juga dapat bermacam-macam. Wartawan atau reporter bisa memperoleh berita sesuai yang diprogramkan atau ditugaskan oleh redaksi, ini berarti berita datangsecara tidak diperhitungkan. Itulah profesi kewartawanan sebagai profesi yang memiliki nilai tersendiri.

Kendati mencari berita itu tidak gampang, namun bukan berarti tidak ada cara-cara atau metode untuk mencari berita tersebut yang dapat diperoleh dengan cara sebagai berikut:

  1. Sistem Beat
  2. Sistem Meneruskan (Follow Up)
  3. Sistem Penugasan
  4. Sistem Tip
  5. Sistem Wawancara (Interview)
  6. Sistem Menciptakan Sendiri (Inventing)
Nah... mengenai penjelasan secara rinci gambaran sistem atau metode memperoleh berita yang sudah saya sebutkan di atas akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya.

Untuk hari ini, itu aja dulu postingan dari saya, semoga bermanfaat dan terimakasih.



Baca Juga :



0 Komentar:

Posting Komentar

Isi Komentar Anda Di Sini