Bubuhan Pangaramput

Monetisasi Blog : SAH apa NORAK?

Sebuah fenomena Yang TIDAK PERLU diperdebatkan blogger


Mungkin postingan ini justru terdengar norak bagi blogger-blogger yang bertebaran di dunia perbloggingan. Tapi di sini saya pribadi (Hafiz Ansyari, Red) tidak akan memihak pada kelompok manapun dari 2 kubu yang boleh dikatakan aliran "Blogger" yang berseberangan Visi dan Misi nge-blog.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya dalam dunia perbloggingan menurut kacamata saya pribadi (Hafiz Ansyari) dalam dunia perbloggingan ada dua aliran blogger yang memiliki pandangan berbeda:

Pertama, adalah kelompok blogger (bukan komunitas blogger) yang mengklaim diri mereka sebagai "Blogger Murni", "Blogger Asli", "Blogger Sebenarnya" karena blog yang dibuat blogger aliran ini hanya berisi tulisan-tulisan, artikel, analisa atau justru sekedar curhat maupun diary atau jurnal pribadi yang dirangkai kata per kata dalam setiap tulisan tanpa "embel-embel" tujuan monetisasi blog atau mendapatkan cara menghasilkan uang melalui blog(terlepas dari blogger yang bersangkutan mampu/tidaknya menghasilkan uang dari blog mereka). Bahkan saya pernah menemukan salah satu blogger yang beranggapan bahwa blogger-blogger yang melakukan monetisasi lewat blog itu boleh dikatakan "NORAK"

Kedua, adalah kelompok blogger (sekali lagi, bukan komunitas blogger) yang mengklaim diri mereka sebagai "Blogger Hebat", "Blogger Sukses", "Blogger Professional" atau "Blogger Jitu" karena selain menuliskan postingan di dalam blog, mereka juga mampu menghasilkan uang melalui blog yang mereka miliki (monetisasi blog) dengan berbagai cara/program yang diikuti karena untuk mencapai tahap ini tidak jarang membutuhkan perjuangan, jeli membaca kebutuhan pasar dan sukses melewati berbagai persyaratan minimal blog untuk dapat bergabung menjadi member program penghasil uang di internet tersebut sehingga kelompok ini beranggapan monetisasi blog adalah merupakan hal yang "SAH" saja sebab merupakan hasil perjuangan blogger itu sendiri.

Nah... dari postingan ini kira-kira kamu termasuk blogger golongan yang mana???

Untuk menjawab itu semua tentu kembali kepada diri blogger masing-masing dan apa sebenarnya tujuan atau goal yang hendak anda capai dalam blog yang anda buat. Sekali lagi di sini saya tidak akan memihak kepada salah satu golongan blogger yang saya nilai dari kacamata saya pribadi berdasarkan pengamatan, pengalaman, dan tentunya hasil blogwalking ke sejumlah blogger di tanah air.

Posting ini juga sama sekali tidak bermaksud untuk memecah belah persatuan blogger-blogger yang ada di Indonesia. Ini hanya sekedar analisa pribadi terhadap fenomena yang terjadi. Postingan ini mungkin juga bisa dikatakan cukup "dangkal" dan perlu saran, pandangan dan pendapat dari rekan blogger sekalian.

Pengen kasih respon, tanggapan, masukan atau pendapat? Silakan... blog ini terbuka untuk menerima komentar rekan blogger sekalian.

Semoga bermanfaat...

Catatan : Postingan ini bukan untuk diperdebatkan secara serius, apalagi sampai menciptakan perpecahan Blogger di Tanah Air

(Meskipun berbeda Visi dan Misi, Blogger Indonesia tetap Satu)

Baca Juga :



0 Komentar:

Posting Komentar

Isi Komentar Anda Di Sini