Bubuhan Pangaramput

PSIKOLOGI UMUM : BEBERAPA PENDEKATAN PSIKOLOGI

pendekatan neurobilogi | pendekatan perilaku | pendekatan kognitif | pendekatan psikoanalitik | pendekatan fenomenologis


Psikologi Umum. Wah.. sebenarnya agak berat untuk menguraikan secara detail mengenai topik yang saya (red:hafiz ansyari) angkat pada postingan kali ini, tapi buat rekan-rekan sekalian yang ingin mengenal lebih dekat tentang ilmu Psikologi khususnya Psikologi Umum maka saya akan berusaha membahasnya pelan-pelan sesuai dengan pengetahuan yang pernah saya dapat sewaktu masih duduk di bangku kuliah dulu jadi selain buat berbagi dengan rekan sekalian topik ini juga sekaligus sebagai sarana refresh saya seputar pengetahaun Psikologi. Ok... sebenarnya berdasarkan tinjauan Ilmu Psikologi Umum ada beberapa pendekatan dalam penerapan Ilmu Psikologi yang akan saya jabarkan di bawah ini :

Pendekatan Neurobiologi
Pada sistem pendekatan ini para ahli cenderung menghubungkan perilaku manusia tentang hal-hal yang terjadi dalam tubuh terutama pada otak dan sistem syaraf manusia.

Pendekatan Perilaku
Pada penerapan pendekatan perilaku ini manusianya cenderung pasif sebab pendekatan psikologi yang satu ini mempelajari individu atau manusia dengan cara mengamati perilakunya dengan kata lain manusia baru akan bereaksi setelah mendapat rangsangan dari luar.

Pendekatan Kognitif
Pendekatan Psikologi dengan Kognitif ini merupakan lawan dari pendekatan perilaku. Pendekatan kognitif mempelajari perilaku manusia dengan mengatakan bahwa manusia bukan penerima rangsang pasif tetapi sebenarnya otak manusia secara aktif mengolah informasi yang diterimanya dan mengubah informasi psikologis tersebut dalam bentuk dan kategori yang baru.

Pendekatan Psikoanalitik
Pendekatan Psikologi dengan metode psikoanalisis ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebgaian besar psikolog di tanah air bahkan hampir di seluruh belahan dunia. Pendekatan psikoanalisis ini terkenal dengan tokohnya yakni Sigmund Frued yang berpendapat bahwa sebagian besar perilaku maupun aspek psikologis manusia berasal dari proses yang tidak disadari sebelumnya atau unconcious processes.

Pendekatan Fenomenologis

Pendekatan Fenomenologis sebagai salah satu Pendekatan Psikologi cenderung memandang aktif individu atau manusia sebab Pendekatan Fenomenologis berhubungan erat dengan pandangan pribadi mengenai dunia dan penafsiran mengenai berbagai kejadian yang dihadapi individu yang bersangkutan. Pendekatan Fenomenologis sering digunakan dalam Ilmu Psikologi Konseling atau Psikologi Terapi yang lebih menekankan pada eksistensi manusia.

Cukup itu dulu deh berbagi pengetahuan Seputar Psikologi hari ini, saya (red: hafiz ansyari) mau mandi dulu :) deri tadi malam blogwalking and nongkrong depan kompie mulu.

Sampai jumpa di postingan berikutnya, semoga bermanfaat....

Baca Juga :



1 Komentar:

Eko Gunawan mengatakan...

referensinya apa ya?

Posting Komentar

Isi Komentar Anda Di Sini