Bubuhan Pangaramput

PROSPEKTIF BISNIS TELEVISI LOKAL (PART 1)

Cie... gaya banget ya judul postingan kali ini :) yang pasti bukan buat gaya-gaya an sih cuma memang sedang tertarik aja membahas tentang Televisi Lokal yang beberapa kurun waktu terakhir kayaknya semakin menjamur hampir di seluruh daerah di Indonesia.

Ok.. mengawali postingan berjudul PROSPEKTIF BISNIS TELEVISI LOKAL ini aku (red: hafiz ansyari) mau membahas apa saja yang menjadi ciri-ciri televisi lokal atau kriteria apa saja yang membuat sebuah stasiun televisi bisa disebut sebagai sebuah televisi lokal:

Televisi Lokal
  1. Lokal Area artinya jangkauannya terbatas (hanya untuk wilayah tertentu)
  2. Lokal Konten artinya materi acara cenderung lebih menonjolkan suatu program dengan muatan lokal
  3. Lokal Iklan berhubungan signifikan dengan konten acara yang disajikan walaupun tidak jarang ada pula beberapa televisi lokal yang bisa memperoleh iklan global alias nasional tentunya dengan catatan marketing yang bagus :P
  4. Lokal Kepentingan artinya selain mengutamakan materi bermuatan lokal, televisi lokal juga sudah pasti memiliki kepentingan tersendiri di wilayah mereka berdiri baik itu kepentingan perusahaan media itu sendiri, kepentingan publik, maupun kepentingan lainnya asal jangan dipolitisir aja ya.. hehehe.. sebab sudah seharusnya sebuah stasiun televisi apalagi jika mengacu pada prinsip jurnalistik maka independensi pemberitaan harus lebih diutamakan.
Bersambung...

Baca Juga :



0 Komentar:

Posting Komentar

Isi Komentar Anda Di Sini