Bubuhan Pangaramput

SELEKTIF MEMILIH LAYANAN BLOG

Panduan awal dari dan bagi blogger pemula



Judul postingan kali ini terinspirasi dari pengalaman saya pribadi (red: hafiz ansyari) sebagai seorang "blogger kacangan" yang baru menapaki langkah demi langkah dalam dunia perbloggingan di indonesia :)

Bangun pagi, blom mandi langsung blogwalking sekalian berniat dalam hati mo update salah satu blog yang kebetulan emang bukan disediakan oleh layanan blogger dot com. Eh... niat saya tiba-tiba luluh lantak setelah menerima kenyataan blog saya di suspend tanpa alasan yang jelas maupun sepucuk surat "pemutusan hubungan cinta" dari penyedia layanan blog tersebut.

Tanda tanya besar menghantui pikiran saya "gerangan apakah yang membuat blog saya di suspend" :D apalagi blog itu sudah menjadi salah satu bagian dari aktifitas rutin dalam keseharian saya (red: hafiz ansyari), belum lagi banyaknya link rekan-rekan blogger maupun komunitas blogger yang terpaksa ikut hanyut entah kemana. Terpaksa pagi itu saya coba kontak link rekan blogger saya untuk konfirmasi alias ngasih tau kalo link saya udah kena suspend coz kasian kalo sampe berdampak ke blog rekan blogger lain apalagi sampe blog komunitas blogger.

Tanpa menunggu komando lebih lanjut, saya langsung mencoba masuk ke halaman admin layanan blog ********* untuk mencari tau apa penyebab blog saya kena suspend... alhasil tetap saya tidak mendapatkan jawaban atas tanya dalam hati saya.

Mencoba instrospeksi ke dalam diri sendiri mungkin itulah yang harus saya lakukan coz mo gimana lagi kalo pemberitahuan apalagi penjelasan emang gak satupun yang nyampe ke saya.

Saya hanya mencoba menganalisa apa "kira-kira" yang menjadi penyebab blog saya di suspend
  1. Blog saya kebetulan bertema tentang lowongan pekerjaan (cenderung memiliki kesamaan posting antara blog satu dengan blog lainnya, apalagi seputar lowongan CPNS hampir 100% dari source yang sama jadi original content dianggap kurang)
  2. Original posting saya banyak dicopas sama blogger lain tanpa mencantumkan alamat sumber pengambilan (gak makan nangka tapi kena getahnya) Original Content makin berkurang di mata search engine.
  3. Penyedia layanan blog "mungkin" tidak menuangkan secara jelas ketentuan dan syarat keanggotaan sehingga batasan konten blog saya sekali lagi "mungkin" sudah melanggar salah satu point tidak tertulis dari layanan blog.
Dari pengalaman ini ada beberapa saran saya (sekedar saran lho, bukan menggurui) kepada blogger baru atau pemula seperti saya alias newbie maupun masih baru berniat akan bergabung dalam dunia perbloggingan tapi kebetulan nyasar trus baca postingan ini
  1. Pilihlah layanan blog yang benar-benar proffesional dan sudah dapat dipastikan tingkat kepercayaan blogger terhadap layanan tersebut seperti blogger dot com maupun blog di wordpress dot com) silakan pilih sendiri, kali ini saya tidak memberikan rekomendasi langsung.
  2. Jika "terpaksa" atau "sudah terlanjur" bergabung dengan layanan blog lain baca dan cermati baik-baik syarat dan ketentuan layanan blog tersebut (jika ada yang kurang jelas atau ngambang coba hubungi admin dan tanyakan langsung biar lebih jelas)
  3. Aktif dalam keanggotaan komunitas layanan blog tersebut agar segala perubahan syarat dan ketentuan layanan dapat terus terpantau.
  4. Fahami tujuan anda nge-blog dan apakah layanan blog tersebut mendukung pencapaian tujuan anda, jika dirasa kurang mendukung atau bahkan tidak sejalan, segera angkat kaki dan pindah ke penyedia layanan blog yang sesuai di hati dan sejalan dengan niat awal anda nge-blog :D
Itu dulu deh postingan saya (red: hafiz ansyari) kali ini, mungkin bukan tips berat seperti problogger lain tapi semoga ada manfaatnya buat yang baca. Sekali lagi "Selektif dalam memilih layanan blog menentukan nasib anda di dunia perbloggingan" and klo ada yang sudah pernah mengalami nasib seperti saya, jangan putus asa coz "Blogger kacangan" seperti saya aja gak patah semangat untuk terus nge-blog buat sekedar curhat, bagi pengalaman, pengetahuan, atau sekedar mengucap salam ke sesama blogger dan komunitas.

Catatan :
  • Postingan ini hanya sedikit tulisan dan syukur-syukur kalo bisa jadi panduan buat yang berniat nge-blog alias pengen jadi blogger. Analisis dan pandangan dari blogger professional lain mungkin lebih komplit dari tulisan "blogger kacangan" ini.
  • Kalo ada yang berniat menambahkan atau koreksi postingan ini, silakan... ruang komentar terbuka lebar untuk anda.

Semoga bermanfaat,

Baca Juga :



0 Komentar:

Posting Komentar

Isi Komentar Anda Di Sini