Bubuhan Pangaramput

BLOG | APA ITU BLOG?

Sebuah Pengantar Tentang Pengertian Blog



Blog

Apa itu Blog / Weblog?
Judul postingan saya (red: hafiz ansyari) kali ini mungkin terdengar lucu dan janggal bagi rekan-rekan blogger lainnya khususnya yang sudah memiliki kasta yang lebih tinggi dibandingkan saya :D

Judul mengenai “Apa itu Blog”, “Pengertian Blog”, atau bahkan kata “Definisi Blog” bagi kalangan akademisi ini sengaja saya pilih agar selaras dengan postingan pembuka saya di kategori tutorial and blogging tips ini. Bukan buat sok-sok an, Cuma sekedar berusaha berbagi kepada pengunjung blog saya yang kemungkinan tertarik dengan aktifitas blogging atau ingin menjadi blogger professional seperti yang lainnya.

Ok… kembali ke pembahasan terkait pertanyaan “Apa itu Blog atau Weblog?” Sebenarnya sudah bertebaran artikel mengenai pengertian Blog itu sendiri. Tapi di sini saya akan berusaha menuliskan hasil pengetahuan dan pengalaman saya selama menggeluti aktifitas blogging meskipun masih sebagai blogger yang sekedar iseng-iseng menorehkan goresan pena tanpa tinta di dunia perbloggingan.

Blog atau juga bisa disebut Weblog secara garis besar dapat dikatakan sebagai sebuah jurnal pribadi di ranah Internet, jurnal ini umumnya berbentuk self-publishing yang ditulis dan diekspose atau ditayangkan berdasarkan kronologi waktu, jadi aktifitas aktifitas blogging ini dapat dilakukan secara bebas maupun terjadwal.

Apa saja isi Blog?
Isi pada blog biasanya lebih dikenal dengan istilah posting, nah…jika ditinjau dari segi isi blog atau posting itu maka jenis postingan ini juga dapat dikategorikan bermacam-macam mulai dari berbentuk diari online yang berisi curahan hati, cerita aktifitas atau kegiatan sehari-hari maupun segala hal yang tertarik untuk diamati dan diceritakan oleh masing-masing blogger (pemilik blog). Selain diari online, postingan blog juga dapat berupa jurnal mengenai topik spesifik maupun detail dari suatu pengamatan dan pembahasan blogger yang bersangkutan. Jadi pada dasarnya di dunia perbloggingan semua orang bebas mengekspresikan dirinya melalui postingan di blog nya masing-masing.

Apa itu komentar pada Blog?
Selain berisi postingan, blog juga memiliki kelebihan lain dibandingkan dengan website atau situs biasa yang cenderung hanya berbentuk arsip. Kelebihan blog itu adalah melalui adanya ruang atau kolom komentar yang biasanya berada pada bagian akhir postingan, jadi di kolom komentar ini pembaca artikel blog dapat berinteraksi langsung dengan pemilik blog memalui komentar yang dituliskannya pada postingan. Melalui ruang aau kolom komentar ini pengunjung atau pembaca blog juga bisa bertanya dan berdiskusi tidak hanya dengan pemilik blog tetapi juga pengunjung blog lain yang ingin menanggapi komentar pengunjung blog lainnya sehingga aspek interaksi di dalam blog dapat dikatakan lebih aktif dibanding website biasa pada umumnya. Selain itu, komentar pada blog juga bisa diberikan dalam bentuk informasi pendek plus quick-links yang dianggap penting, atau bahkan juga bisa berupa foto, audio atau bahkan format video.

Keunggulan lain dari Blog
Komunikasi interaktif yang terjadi di dalam ruang komentar blog juga bukan sekadar interaktivitas blogger (pemilik blog) dengan blog reader (pembaca blog) di ruang komentar, tapi juga berarti saling keterkaitan dan pertautan pranala (link) sebuah fitur thanks to yang memungkinkan dilakukannya track-back, ping, feed dan lainnya kepada blog yang dimaksud.

Kiranya itu dulu pengantar postingan saya hari ini, postingan berikutnya segera menyusul...

diposting hafiz ansyari sebagai pembuka kategori seputar tutorial and blogging tips

Baca Juga :



0 Komentar:

Posting Komentar

Isi Komentar Anda Di Sini