Bubuhan Pangaramput

BEBERAPA ISTILAH DALAM DUNIA KEWARTAWANAN

Berdasarkan pandangan jurnalistik dan pers


Seperti saya jelaskan sebelumnya tentang "pengertian wartawan" sebagai sebuah profesi, bukan hanya menyangkut segi teknik jurnalistik. Melainkan semua unsur yang menunjang bagi peningkatan pengetahuan wartawan yang bersangkutan.

Pada postingan kali ini saya ingin membahas mengenai beberapa istilah dalam dunia kewartawanan berdasarkan pandangan dunia jurnalistik dan pers. Beberapa istilah tersebut antara lain:

  • Wartawan Professional : yaitu wartawan yang menjadikan kegiatan kewartawanan sebagai profesi. Tugas tersebut dilaksanakan sebagai profesi atau pekerjaan.
  • Wartawan Freelance : yaitu wartawan yang tidak tergantung pada satu media pers saja. Wartawan freelance melakukan kegiatan kewartawanan namun karya yang dihasilkan dapat dikirimkan ke berbagai media pers. Jadi tidak terikat dengan satu media pers saja.
  • Koresponden : Istilah ini sering digunakan untuk menyebut wartawan yang berada di daerah-daerah dan tidak berada dalam satu wilayah kota dengan pusat media pers tempat mereka bekerja. Berita yang dibuat oleh koresponden biasanya dikirmkan melalui pos, faksimili, telepon, e-mail, streaming maupun sarana komunikasi modern lainnya.
  • Wartawan Kantor Berita : Yaitu seorang wartawan dari suatu kantor berita atau press / news agency. Wartawan ini mencari berita untuk suatu kantor berita kemudian berita tersebut disalurkan atau dijual ke lembaga penerbitan atau media pers lain yang membutuhkan.
Sebenarnya masih banyak lagi istilah dalam dunia kewartawanan, namun belum dapat saya selesaikan langsung dalam postingan kali ini, semoga dilain kesempatan saya dapat menambahkan lagi beberapa istilah dalam dunia kewartawanan menurut pandangan jurnalistik dan pers di indonesia.

Sekian dulu ya seputar jurnalistik dan pers kali ini,.. mau istirahat dulu... sekalian mikir ganti topik yang lain buat posting... biar terbagi secara merata... hehehe...

Baca Juga :



2 Komentar:

Anonim mengatakan...

bahasa ap yng baik untuk menayakan sesuatu kepada nara sumber

Anonim mengatakan...

yang pasti bahasa indonesia yang baik dan komunikatif .

Posting Komentar

Isi Komentar Anda Di Sini