Bubuhan Pangaramput

KALTENG BANJIR, ANGGARAN TERKURAS

Pena Hafiz Ansyari Hari Ini

Hujan...hujan...hujan....

Beberapa hari terakhir ini sebagaian besar wilayah Provinsi Kalimantan Tengah memang terus diguyur hujan, tidak terkecuali Kota Palangka Raya yang "cantik".

Data di BMG Tjilik Riwut juga menunjukkan peningkatan angka curah hujan yang signifikan, sehingga tidak heran jika sejumlah daerah di Kalteng mulai terendam banjir.

Musim seperti ini biasanya merupakan saat-saat tersulit bagi masyarakat khususnya yang berada di wilayah pedalaman yang menjadi langganan banjir setiap tahunnya. Tidak hanya masyarakat, Pemerintah Daerah Kalteng pun biasanya cukup direpotkan dengan kondisi geografis sejumlah kawasan yang memang memiliki dataran rendah. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tidak sedikit Anggaran Pembelanjaan Daerah yang harus keluar untuk membantu korban banjir.

Yah...begitulah... fenomena banjir musiman ini seolah menjadi sebuah pengeluaran ekstra bagi Pemerintah Kalimantan Tengah, meskipun warga sudah dihimbau untuk relokasi atau berpindah ke daerah yang aman dan terhindar dari banjir tapi tetap saja ada warga yang enggan "angkat kaki" dari wilayah asalnya dengan berbagai alasan dan biasanya alasan yang paling dominan adalah masalah mata pencaharian. Kalo sudah begini sih memang semua tidak ada yang bisa disalahkan, tapi semoga saja banjir yang terjadi tahun ini tidak separah tahun-tahun sebelumnya biar warga dapat hidup dengan tenang dan Anggaran Pemerintah pun tidak terbuang sia-sia untuk pengeluaran ekstra yang nyaris menjadi pengeluaran rutin setiap tahunnya.

Baca Juga :



0 Komentar:

Posting Komentar

Isi Komentar Anda Di Sini